Cara Mengobati Sakit Tenggorokan



Sakit Tenggorokan

Penyakit tenggorokan adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian tenggorokan sehingga orang yang mengalami penyakit ini biasanya akan mengalami sakit di bagian tenggorokan, penyakit ini memang bukan penyakit yang serius tetapi jika anda mengalami penyakit radang tenggorokan dan membiarkannya begitu saja penyakit ini bisa menjadi berbahaya untuk diri anda sendiri.
Banyak cara mengobati sakit tenggorokan anda bisa menggunakan bahan-bahan yang alami untuk membuat obatnya, cara yang tradisional akan lebih aman untuk anda daripada anda harus repot pergi ke dokter dan mengeluarkan banyak biaya. Sebaiknya anda menggunakan cara yang alami saja karena hasilnya juga tidak kalah dengan obat dokter di luar sana.

Gejala Sakit Tenggorokan

Gejala sakit pada tenggorokan bisa menyebabkan mulut terasa tidak nyaman jika digunakan untuk menelan. Demam juga bisa terjadi pada saat sakit tenggorokan, namun tidak semuanya akan mengalami demam, terlebih jika sakit tenggorokan terjadi pada anak anak. gejala sakit tenggorokan juga bisa menyebabkan mulut terasa kering, karena akan jarang digunakan untuk menelan karena pada saat sakit tenggorokan banyak yang hilang nafsu makan. Selain itu pada saat sakit tenggorokan juga akan menyebabkan batuk kering.

Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Menggunakan Jahe
Jahe adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak, tetapi selain digunakan untuk memasak anda juga bisa menggunakan jahe untuk mengobati sakit tenggorokan yang aman dan berkhasiat untuk tubuh anda. Jahe akan meningkatkan sel-sel, mempercepat proses penyembuhan, dan membilas racun di dalam tubuh anda. Jahe juga bisa membantu melonggarkan sistem pernapasan, jadi jahe cocok sekali digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan karena efektif untuk anda.

Cara membuat ramuan ini sangatlah mudah dan gampang, anda hanya cukup menyiapkan jahe yang berukuran besar kemudian cuci jahe tersebut hingga bersih, potong-potong jahe tersebut menjadi kecil-kecil dan rebus air secukupnya, setelah air panas masukan jahe tersebut dan rebus hingga matang. Anda bisa minum ramuan tersebut saat masih hangat dan bisa dicampurkan dengan madu saat akan meminumnya, minumlah ramuan ini secara rutin dan teratur agar sakit tenggorokan akan segera membaik.

2. Menggunakan Lemon dan Madu
Buah yang satu ini kaya akan vitamin C yang bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan, anda juga mudah untuk mendapatkan buah lemon karena buah lemon banyak dijual di pasar atau supermarket. Cara membuatnya cukup mudah anda bisa siapkan 2 buah lemon kemudian anda peras lemon tersebut dan ambil airnya, air perasan lemon bisa anda campurkan dengan madu murni dan bisa langsung anda minum. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

3. Menggunakan Garam
Anda bisa menggunakan garam sebagai obat kumur 3 kali dalam sehari, air garam bisa meningkatkan peredaran darah dan mampu menyembuhkan sakit tenggorokan secara efektif. Anda bisa siapkan 1 gelas air hangat kemudian campurkan dengan garam secukupnya lalu kumur dengan air garam tersebut. Selain membantu menyembuhkan radang tenggorokan, air garam juga membantu meredakan berbagai infeksi yang menyebar kemana-mana.

4. Menggunakan Daun kemangi
Selain digunakan untuk lalapan ternyata anda juga bisa menggunakan daun kemangi untuk mengobati sakit tenggorokan yang aman dan efektif, cara membuat ramuan ini terbilang cukup mudah karena anda hanya perlu menyiapkan beberapa daun kemangi kemudian anda rebus dengan air secukupnya. Minum air rebusan daun kemangi secara rutin untuk membantu anda menyembuhkan sakit tenggorokan atau anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur sampai sakit tenggorokan anda membaik dan sembuh.

Nah, beberapa ramuan di atas adalah cara mengobati sakit tenggorokan secara alami dan aman untuk anda gunakan di rumah saat anda sedang mengalami sakit tenggorokan, karena cara-cara yang alami akan lebih aman untuk kesehatan diri anda. Jika anda mengalami sakit tenggorokan segeralah membuat ramuan-ramuan di atas dengan bahan yang alami.

Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Cara Mengobati Sakit Tenggorokan"

  1. http://meyrahmiarisda.mywapblog.com/cara-mengobati-sakit-tenggorokan.xhtml

    BalasHapus
  2. Artikelnya bermanfaat sekali gan
    nambah pengetahuan saya dalam hal obat alami..
    Maksh dah share

    BalasHapus
  3. Paling mudah tetap yang menggunakan air garam.

    BalasHapus
  4. Saccharomyces Cerevisiae26 Maret 2016 pukul 22.01

    Memang benar, saat tenggorokan sakit nafsu makan menurun. Saya juga sedang mengalami sakit tenggorokan. Pengennya batuk mulu, rasa gatal di tenggorokan gak bisa di tahan. Tapi batuknya kering, tidak berdahak. Setelah membaca postingan di atas menurut saya cara yang paling mudah adalah yang menggunakan garam. Karena bahannya sudah ada di dapur. :D

    BalasHapus
  5. Pakai susu juga bisa

    BalasHapus
  6. artikel nya pas dengan keadaan saya sekarang.
    Bangun tidur tenggorokan merasakan sakit banget.
    Coba ah yang lemon sama madu.

    BalasHapus
  7. Sakit tenggorokan memang menyakitkan tapi tenang sdh ada tips nya

    BalasHapus
  8. Makasih infonya kak mey,
    karena saya akhir akhir ini sering mengalami sakit tenggorokan,

    mudah mudahan cara ini manjur buat saya ataupun yg lainnya,

    BalasHapus
  9. bermaanfaat.
    kunbalya..

    BalasHapus
  10. Kalo yang pake jahe saya sudah praktek. Kalo yang lain sih belum.

    BalasHapus
  11. makasih infonya sangat membantu
    jahe anget ya

    BalasHapus
  12. Paling simpel pake air garam ya mbak

    BalasHapus
  13. lagi musim pilek bro, ane juga lg kurang sehat ini batuk batuk, bersin, sama tenggorokan sakit.
    Thanks info nya membantu :)

    BalasHapus
  14. Pangeran Cakrabuana29 Maret 2016 pukul 02.39

    Sangat sederhana ya sob

    BalasHapus
  15. tenggorokan merupakan anggota tubuh yang penting, terutama saat kita berbicara. jika sakit pasti dalam berbicara akan terasa berat

    BalasHapus
  16. Golbek...

    BalasHapus
  17. Wah,mntap ni mey

    BalasHapus
  18. Oke sob. Bisa di praktekan. Sangat bermanfaat. Simpel, murah, tapi khasiatnya tidak kalah sama obat pabrikan..

    BalasHapus
  19. Rifqi Amal Fatah3 April 2016 pukul 17.11

    bermafaat

    BalasHapus