Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Assalamu'alaikum, selamat petang sobat semua. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, Aamiin.

Sobat semua, siapa yang ga kenal sirsak. SIRSAK merupakan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat. Buahnya dipercaya mampu mencegah dan mengobati penyakit sariawan. Kayunya dimanfaatkan sebagai kayu bakar atau bahan kerajinan tangan. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Pada kesempatan ini Saya akan menyajikan tentang Manfaat Daun Sirsak:

1) Obat Kanker
Daun sirsak mengandung zat proaktif yang mampu membunuh sel kanker. Zat proaktif di dalam daun sirsak juga mampu melihat sel mana yang harus dibunuh dan sel mana yang harus tetap hidup. Karena itu daun sirsak ini dipercaya memiliki keampuhan hingga 100 kali lipat dibandingkan pengobatan kanker melalui kemoterapi.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak rutin setiap pagi dan sore selama beberapa minggu.

2) Ampuh Mengobati Wasir
Wasir merupakan penyakit yang menyerang anus berupa pembengkakan. Pada kondisi yang sudah berbahaya wasir akan menyebabkan anus si penderita terasa sangat nyeri dan mengeluarkan darah. Uniknya, penyakit separah itu dapat diobati oleh daun dari tanaman yang tidak terduga yaitu daun sirsak.

Daun sirsak mengandung zat yang mampu menghentikan pendarahan pada anus dan juga mampu membuat otot sekitar anus menjadi lebih rileks sehingga pembengkakan sedikit demi sedikit akan berkurang.

3) Atasi Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit yang menyerang seseorang akibat penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dalam jumlah yang berlebihan. Biasanya, purin banyak dikandung oleh buah belinjo. Bagi yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, tidak usah risau karena penyakit tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan daun sirsak. Caranya adalah dengan membuat rebusan air daun sirsak kemudian meminumnya selagi hangat.

4) Menurunkan Kolesterol
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak ini cukup ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak mengandung zat yang mampu menyingkirkan kolesterol jahat dari tubuh anda. Biasanya, kolesterol jahat ini muncul akibat anda kurang selektif dalam memilih makanan.

5) Mengatasi Jerawat
Caranya adalah dengan menghaluskan daun sirsak dengan menggunakan tumbuk. Setelah halus, tambahkan air dan letakkan diwajah yang paling berpotensi tumbuh jerawat. Tunggu hingga kandungan meresap kemudian bilaslah dengan menggunakan air hangat.

Nah, sobat semua. Dari beberapa manfaat air rebusan daun sirsak di atas, masih ada lagi manfaat lain dari air rebusan daun sirsak yaitu mengobati sakit ''radang telinga''. Saya ingin menceritakan pengalaman Saya sendiri.

Tahun 2013 lalu tepatnya bulan Agustus. Saya pernah mengalami sakit telinga pada bagian telinga dalam. Rasanya telinga ini perih sekali seperti ditusuk-tusuk, sering Saya menangis menahan sakit. Berawal dari telinga yang sakit kemudian menyebar ke bagian kepala dan mata.

Saya pikir itu karena urat sarafnya berhubungan dengan telinga. Bukan cuma kepala dan mata saja, tetapi Saya juga merasakan sakit pada leher dan gigi.

Awalnya Saya pergi ke tempat dokter, dokter memeriksa telinga dan memberi obat generik tetes telinga. Selain itu juga ada obat berbentuk tablet cukup untuk satu minggu.

Selang satu minggu dan obat pun sudah habis, tapi kok sakit ini masih terasa. Besoknya Saya berobat ke Rumah Sakit Pambalah Batung di Amuntai, Kalimantan Selatan. Lama juga nunggu antrian. ''Sabar, sabar dan sabar'' itu yang ada di benak Saya saat itu. Sekitar 2 jam baru tiba giliran diperiksa dokter. Maklumlah karena banyak orang sakit, macam-macam sakitnya.

Setelah dokter memeriksa ternyata telinga dalam Saya luka, karena terlalu sering membersihkan telinga dengan memakai korek telinga. Dokter pun memberi resep untuk dibeli di apotik. Obatnya untuk 3 hari saja. Beberapa hari kemudian Saya kembali lagi ke rumah sakit untuk berobat, karena penyakit ini belum sembuh.

Alhasil, setelah 2 kali berobat tetap juga belum sembuh. Saya hampir putus asa dan ga mau lagi berobat ke dokter. Tapi Saya mau sehat, Saya bingung mau berobat kemana lagi.

Suatu sore saat Saya duduk di rumah bersama ibu sambil membicarakan penyakit ini. Ada seorang teman lama ibu Saya datang berkunjung. Ibu itu mendengar percakapan kami. Lalu beliau menceritakan bahwa daun sirsak bisa mengobati banyak penyakit. Saya tertarik untuk mencobanya.

Besoknya pagi-pagi Saya memetik daun sirsak, kebetulan di pekarangan belakang ada pohon sirsak. Untung ya ga jauh mencarinya. Ibu itu menyuruh memetiknya dalam hitungan ganjil sebanyak 7 atau 9 lembar.

Setelah dicuci bersih, daun sirsak direbus dengan 600 cc air (3 cangkir) sampai mendidih dan tinggal 200 cc air saja. Setelah hangat baru diminum.

Saya lakukan hal itu tiap hari, sebelum meminum Saya berdoa agar disembuhkan, selama seminggu Saya minum air rebusan daun sirsak. Alhamdulillah sakitnya mulai hilang.

Nah, demikianlah pengalaman Saya tentang manfaat daun sirsak. Semoga bermanfaat, Aamiin.

Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak Bagi Kesehatan"

  1. Saya Baru tahu ni Mey, manfaatnya rebusannya

    BalasHapus
  2. @Riyanto,
    iya itu salah satu manfaatnya aja, karena banyak sekali manfaatnya jadi ga bisa dijelaskan semua.

    BalasHapus
  3. baru tau saya manfaatnya, kebetulan di blakang rumah ane ada sirsak.
    saya jga pernah sakit telinga, tpi sembuh di kasih obat tetes beli d apotik :)

    BalasHapus
  4. @andiandi,
    iya kalo sakit telinga biasa mungkin bisa sembuh pakai obat tetes telinga, tapi Saya dulu sakit radang telinga, telinga bagian dalam ada yang luka karena keseringan dibersihin jadinya kena dinding telinga.

    BalasHapus
  5. Jadi kesimpulannya, air rebusan daun sirsak itu bisa sebagai perantara bwat menyembuhkan luka dalam di bagian telinga. Siapa tahu ada penyakit lain juga yang bisa disembuhin melalui meminum air rebusan daun sirsak. Memang sih atas izin Yang Kuasa jua lah sehingga penyakit itu bisa sembuh, hehehe

    BalasHapus
  6. emmmm saya rada kurangi gas pas baca di poin lima itu. Iya sih poin ini rada sedikit sensitif buat rawat kebersihan wajah, apalagi buat kaum perempuan. Walau kurang suka sama sirsak, kalo masalahnya gitu apa salahnya deh di coba.

    BalasHapus
  7. @rizky imanul,
    iya bener banget, apalagi buahnya perlu dicoba mencicipi kalo awalnya kurang suka siapa tau jadi suka.

    BalasHapus
  8. wah ternyata... hebat jg manfaatnya ne daun..... :grin:

    BalasHapus
  9. Rasa nya begitu pahit.. di rasa mba e :D

    BalasHapus
  10. postingny sangat bermanfaat kok sob. memang sungguh luar biasa semua ciptaan allah insyaallah ada manfaatnya

    BalasHapus
  11. Wah, makasih sharing pengalamannya. Aku jadi tau, daun sirsak manfaatnya luar biasa

    BalasHapus
  12. @Rianda Prayoga,
    iya sama-sama, Saya menulis pengalaman itu agar bisa menjadi bukti tentang salah satu manfaat meminum air rebusan daun sirsak.

    BalasHapus
  13. Sirsak t iyalah kulanda ?

    BalasHapus
  14. @iz41 azay,
    iya kulanda, itu kalo bahasa kita di wilayah banjarmasin...

    BalasHapus
  15. Satria Tujuh Salju10 Januari 2016 pukul 04.57

    wooww!! ternyata daun sirsak banyak juga yaa!!! hasiatnya heem!!! baru tahu aku.. ok dech sob thanks atas info sehatnya.. klau buah sirsaknya aku suka banget tapi klau daunnya baunya kurang srek sih tapi klau buat obat noproblem sih.. :D

    BalasHapus
  16. Buah sirsak bisa meringankan asam urat lho

    BalasHapus
  17. @Ukhty Nur Maya,
    iya bener sekali Kak Maya, daun sirsak itu bisa membantu meringankan penyakit asam urat.

    BalasHapus