MANFAAT BUAH PEPAYA

Buah pepaya adalah buah yang sangat populer, dan banyak orang mengkonsumsi karena rasanya yang lezat. Setelah mencari tahu tentang manfaat buah pepaya, mungkin akan menarik orang lain untuk meraup manfaat kesehatan dari buah pepaya dan mulai memasukkannya ke dalam pola makan harian mereka.

Ada beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Pepaya
Buah pepaya dianggap sebagai salah satu sumber terkaya vitamin C, bahkan melebihi buah jeruk. Namun, vitamin C bukan satu-satunya nutrisi yang terdapat dalam kandungan buah pepaya. Buah pepaya juga kaya akan vitamin A, E, B, dan antioksidan seperti, karoten, zeaxanthin, dan flavonoid. Bahkan beberapa mineral penting seperti, kalium, kalsium, magnesium, zat besi dapat ditemukan dalam pepaya. 100 gm pepaya biasanya mengandung sekitar 9,8 g karbohidrat, 5,9 g gula, 1,8 g serat, 0,6 g protein, 61,8 mg vitamin C, vitamin E 0,9 mg, 284 IU vitamin A, kalsium 24 mg, 10 mg magnesium, 257 mg kalium, 5 mg fosfor dan sekitar 0,10 mg zat besi. Sekitar 140g pepaya dapat memberikan 55 kalori. Selain ini, pepaya mengandung enzim proteolitik, papain dan chymopapain yang dapat memecah protein menjadi asam amino.

Ini adalah alasan mengapa pepaya secara luas digunakan untuk melunakkan daging.
Dengan nutrisi penting yang begitu banyak, buah ini baik matang atau mentah dapat meningkatkan kesehatan kita dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan kardiovaskular. Buah ini lebih sering digunakan untuk membantu pencernaan dan mencegah beberapa masalah umum seperti gangguan pencernaan dan perut kembung.


Hal ini dikarenakan buah pepaya mengandung papain enzim dan chymopapain yang dapat mencerna protein dan mengubahnya menjadi asam amino. Selain itu, buah pepaya mengandung sejumlah tinggi serat makanan yang juga dapat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.


Manfaat pepaya bagi kesehatan

* Kaya antioksidan
Pepaya adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, flavonoid, folat, vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, vitamin E, kalium, serat dan vitamin B. Antioksidan juga memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.

*Mencegah penyakit jantung

Pepaya merupakan sumber antioksidan, maka juga membantu mencegah oksidasi kolesterol di dalam jantung. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dan masalah ini dapat dicegah dengan memanfaatkan buah pepaya. Seiring dengan itu, buah pepaya menurunkan kadar kolesterol dalam jantung.

* Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Karena kandungan vitamin A dan vitamin B dalam buah pepaya, yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat, maka dengan mengkonsumsi buah pepaya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit seperti pilek, batuk, dan flu.

* Anti-inflamasi

Pepaya juga mengandung enzim papain dan enzim chymopapain, sehingga membantu dalam penyembuhan luka. Orang yang menderita kondisi ini harus memasukkan buah pepaya ke dalam pola makan harian.

* Meningkatkan kesehatan paru-paru

Vitamin A dalam buah pepaya, sangat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki paru-paru yang lemah. Buah pepaya akan mengurangi kemungkinan tertular penyakit yang muncul akibat dari paru-paru yang lemah, seperti bronkitis, kanker dll. Ini adalah salah satu manfaat buah pepaya yang terbaik bagi kesehatan.

* Pepaya untuk kulit

Zat berbahaya dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit yang buruk. Dengan mengkonsumsi buah pepaya, sifat antioksidan dari kandungan buah pepaya dapat membantu mengontrolnya.
Bukan hanya buahnya, daun pepaya pun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Anda dapat memeras daun pepaya sebagai ramuan jamu, atau juga dengan memasaknya. Penelitian yang pernah terjadi menyatakan bahwa daun pepaya dapat digunakan untuk mencegah terkena penyakit flu ataupun flu burung. Dengan mengkonsumsi secara teratur maka akan mendapatkan secara maksimal manfaat buah pepaya untuk kesehatan.


Sumber:
www.wedaran.com

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "MANFAAT BUAH PEPAYA"

  1. wahh manfaat bgt ni artikel, aku suka

    BalasHapus
  2. Info yang bermanfa'at, makanya orang tua menganjurkan anaknya untuk selalu mengkonsumsi pepaya, dengan tidak berlebihan

    BalasHapus
  3. ane gk suka pepaya,padahal manfaatnya banyak bgt trnyata....

    BalasHapus
  4. @Oky Rianto,
    iya, saya juga suka makan pepaya :D

    BalasHapus
  5. @GINANJAR,
    iya makasih udah suka :D

    BalasHapus
  6. @Cah Cilik,
    owh,,, kalo Mey suka makan pepaya makanya di kebun Mey banyak pepayanya :D

    BalasHapus