12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi anda.

Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya. Oleh karena itu begadang atau insomnia harus anda atasi dengan cepat.

Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur:

1. Berolah raga teratur
Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

4. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.

5. Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan diri untuk tidur, anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.

8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi. sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter
Jika anda terus-menerus mengalami gangguan tidur, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi, sakit bernapas atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran anda
Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda.

12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Terima kasih telah membaca 12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi sahabat. Aamiin.

Sumber :
inti-kesehatan.blogspot.com

Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur"

  1. Poin no.5 itu adalah kebiasaan saya sob, :P tp bedanya saya tidak merasakan cemas melainkan bingung sendiri. :D

    BalasHapus
  2. untung aku gk kena insomnia

    BalasHapus
  3. perlu dicoba, aku kadang gx bisa ditidur

    BalasHapus
  4. Minum susu atau makan sampe kenyang aja dijamin pules tidurnya.
    Itu tips dari saya hehehe

    BalasHapus
  5. klo gw mau tidur. tinggal lari selama 4 menit klo udh cape tinggal tidur

    BalasHapus
  6. Aku klo tidur jam 2 pagi terus hmmm :(

    BalasHapus
  7. Kalau saya tidak bisa telat tidur, kalau telat tidur kepala suka sakit. jadi kalu suatu hal hgg kita hrs menunda tidur, nah ini masalahnya
    Apalg bangun kesiangan, wah kacau

    BalasHapus
  8. Tipsnya bagus, tapi Alhamdulillah saya tidak pernah insomnia kecuali begadang...

    BalasHapus
  9. 下尺モモ乙Oれモ4 Februari 2016 pukul 07.30

    klo lg lapar saya susah tidur

    jgn lupa singgah diblog saya gan

    BalasHapus
  10. tips yang sangat bermanfaat nih kadang saya juga susah tidur

    BalasHapus
  11. ini dia tips yang saya cari2.
    Than udah mau share brother

    BalasHapus
  12. Makasih ya kepada semua sahabat yang sudah bertandang ke blog saya.

    Heru@ saya cewek, kenapa panggil brother sih hehehe

    BalasHapus
  13. info yng bagus mey :) saya sering insomnia, tapi udah kbiasaan ngopi, gimana ya :D

    BalasHapus
  14. beberapa hari ini malah tidur selalu jam 0000, bangun jam 5.. 2-3-4 jam tidur sehari.. hehe

    BalasHapus
  15. ID Movies Download Film Full Movie5 Februari 2016 pukul 01.17

    Thanks gan atas info nya

    BalasHapus
  16. aq jg mengalami insomia biasa aq tdurnya tengah malam

    BalasHapus
  17. Makasih y tipsnya..sangat bermanfaat

    BalasHapus
  18. Saya udah lakuin semua cara tapi gagal mengatasi insomnia.

    Masalahx simple ,otak saya gak bisa berhenti berpikir bahkan saya berbaring 3 jam belum tentu bisa tidur :s

    BalasHapus
  19. @zetsful,
    oh gitu ya. Baca do'a dulu sebelum tidur, trus jauhkan barang kita seperti hp, laptop, dll kalo niatnya pengen tidur, soalnya kalo mainin alat-alat itu buat internetan kan bisa ga jadi tidurnya.

    BalasHapus