BAGAIMANA MENGETAHUI SESEORANG SEDANG BERBOHONG?

Mampu mengetahui seseorang sedang berbohong kepada anda akan sangat membuat anda senang. Lihatlah gerak-gerik lawan bicara anda, lihatlah mata dan senyumannya. Kenapa? Karena bahasa tubuh tidak dapat berbohong. Semakin sering kita menganalisa bahasa tubuh ini, semakin pandai juga kita mengartikan apakah lawan bicara kita sedang bicara kebohongan atau kejujuran.

Perlu diketahui ada 4 tipe pembohong:
1. Pembohong Sesekali
Pembohong sesekali tidak biasa berbohong, hanya karena beberapa alasan mereka melakukannya, mungkin karena ingin melindungi dirinya, temannya, atau seseorang yang lain. Pembohong sesekali memikirkan betul-betul apa yang akan diucapkannya sehingga tampak masuk akal.

2. Pembohong Berkali-kali
Yaitu orang-orang yang berbohong ‘dengan teratur’. Pembohong berkali-kali tidak mempunyai waktu untuk berpikir tentang kebohongan karena mereka berbohong sepanjang hidupnya. Tetapi mereka sebetulnya menyadari bahwa mereka berbohong.

3. Pembohong Alami
Yaitu orang-orang yang berbohong secara terus menerus dan seringkali mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang berbohong. Bahasa tubuh mereka pun terlihat sangat alami, karena terbiasa berbohong.

4. Pembohong Profesional
Jenis pembohong ini berbohong untuk suatu tujuan tertentu atau sengaja ingin mengelabui kita. Mereka mempelajari segala kemungkinan dan mengetahui persis apa yang ingin mereka ucapkan.

Ada beberapa bahasa tubuh yang umum saja yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong atau tidak :

1. Posisi tubuh dapat menjadi bukti yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong, karena disadari ataupun tidak disadari, ada hubungan yang kuat antara pikiran dan ekspresi.

2. Nafas yang tiba-tiba. Dalam setiap kebohongan, detak jantung akan meningkat dan nafas akan menjadi dangkal/cepat. Biasanya pembohong akan mengambil nafas dalam-dalam untuk menenangkan perasaannya.

3. Kegelisahan di bagian-bagian tubuh. Gerakan yang gugup akan menarik perhatian kita terutama dapat kita rasakan ketika kita berbicara dengan seseorang yang kita kenal dan orang tersebut melakukan gerakan yang tidak seperti biasanya.

Berikut adalah contoh kegelisahan di bagian-bagian tubuh:

–Gerakan tubuh yang maju-mundur, bisa dalam posisi duduk maupun berdiri.

–Posisi yang tiba-tiba berubah. Sebagai contoh, lawan bicara kita sedang menyilangkan salah satu kakinya diatas kaki yang lain, dan ketika mulai menjawab pertanyaan kita, dia merubah posisi kakinya. Tubuh akan selalu menyesuaikan perasaan kita tanpa kita sadari, jadi posisi yang tiba-tiba berubah ini adalah sinyal yang baik yang menunjukkan bahwa seseorang sedang berbohong.

–Gerakan-gerakan yang tidak disadari dari tangan dan kaki. Sebagai contoh: menggoyangkan kaki, menggoyangkan tangan di atas meja, kedua tangan direkatkan kuat-kuat, kedua paha saling menekan bersama-sama. Jika lawan bicara kita sedang dalam posisi duduk dan kemudian ia merubah arah telapak kaki ke arah yang lain, itu juga merupakan tanda bahwa orang tersebut sedang berbohong.

–Senyuman palsu. Senyuman identik dengan keakraban dan kepercayaan, para pembohong seringkali menyalahgunakannya.

Jadi bagaimana membedakan senyuman pembohong? Para pembohong biasanya akan tersenyum cukup sering dan tiba-tiba, yang sebetulnya tidak pada tempatnya dia harus tersenyum.

–Terlalu banyak aksi ’sok akrab’, seperti : menepuk punggung anda, menyentuh anda ataupun mendekatkan posisinya pada anda. Lawan bicara anda akan merasa kikuk ketika berbohong sehingga mereka akan menyembunyikan kekikukannya dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut. Akan sangat sulit memutuskan bahwa seseorang sedang berbohong jika dia melakukan tindakan-tindakan yang bersahabat seperti itu. Ini adalah respon manusia yang alamiah. Tetapi tetap perlu diingat, bahwa jika anda merasa bahwa keakraban dari lawan bicara anda sudah berlebihan, berhati-hatilah. Sebuah kata bijak yang sangat populer mengatakan bahwa “ketika seseorang berbohong akan terlihat jelas di matanya.”

Para pembaca yang budiman, mudah-mudahan nanti ketika anda sedang berbicara dengan seseorang, anda sudah dapat menganalisa apakah orang tersebut sedang berbohong kepada anda atau tidak. :)



sumber www.akuinginsukses.com

Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "BAGAIMANA MENGETAHUI SESEORANG SEDANG BERBOHONG?"

  1. http://meyrahmiarisda.mywapblog.com/bagaimana-mengetahui-seseorang-sedang-be-2.xhtml

    BalasHapus
  2. kunjungan mlm

    BalasHapus
  3. Pembohong alami :D

    BalasHapus
  4. @ANGGUN SEKTIATY,
    makasih sudah berkunjung.

    BalasHapus
  5. @Sendi Ramdani,
    iya silakan gan

    BalasHapus
  6. @nurfaizin,
    yups, seorang pembohong alami sudah terbiasa berbohong.

    BalasHapus
  7. @zetsful,
    ya makasih gan.

    BalasHapus
  8. ternyata ada kelasnya juga ya. yang profesional tu mantep :D ☕

    BalasHapus
  9. bisa di tes ke pacar

    BalasHapus
  10. Bisa buat test ke suami gak yah...??

    BalasHapus
  11. Kebohongan pasti terbongkar...

    BalasHapus
  12. apa bener nih... tapi masih sulit membedakannya juga ya gan.

    BalasHapus
  13. @andiAndi,
    iya, yg profesional tu misalnya koruptor hehehe.

    BalasHapus
  14. @ryanandreas,
    bisa kita tes ke pacar gan.

    BalasHapus
  15. @Shela Adinda,
    mungkin bisa, coba aja dulu ya. Kalo saya kan blm punya suami jd blm bisa menerapkan ke sana gan.

    BalasHapus
  16. @Putra Artmedia,
    iya benar gan. Suatu saat kebohongan itu akan terbongkar, Allah Maha Adil. Yang benar akan menang.

    BalasHapus
  17. @Bloggerz AlMamuroh,
    kebanyakannya sih kalo melihat kenyataan di lapangan emang kayak gitu gan. Orang yang bohong akan merasa salah tingkah biasanya. Walaupun dia seorang profesional tetap dia akan merasa bersalah.

    BalasHapus