Jenis Karakter Manusia

Ada beberapa jenis watak atau karakter manusia menurut ilmu Psikologi:

Tipe Sanguin
yaitu tipe yang paling terbuka diantara semua tipe perangai. Bahkan tipe ini dapat disebut super terbuka. Orang Sanguin adalah orang yang suka berbicara, mudah menyesuaikan diri, ramah hangat, penuh humor dan responsive. Tipe Sanguin tidak tahan melihat orang asing di depan mereka tanpa memberi tanggapan kepadanya. Orang Sanguin adalah orang yang suka bergaul dan spontan. Mereka jarang khawatir akan masa depan dan masa lalu, mereka menikmati lebih banyak kegembiraan dari hari-hari yang dilaluinya dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya. Orang Sanguin biasanya bukan pemikir berat, mereka menafsirkan kejadian –kejadian yang ada dengan cepat.

Sanguin adalah orang yang gembira, yang senang hatinya, mudah untuk membuat orang tertawa, dan bisa memberi semangat pada orang lain. Tapi kelemahannya adalah dia cenderung impulsive, yaitu orang yang bertindak sesuai emosi atau keinginannya.

Tipe Kolerik
Tipe kolerik juga merupakan tipe terbuka tetapi biasanya tingkat keterbukaannya lebih rendah daripada tipe Sanguin yang super terbuka. Orang Kolerik juga orang yang aktif, semangat pekerja keras, ambisius, motivator bagi orang lain. Karena sifatnya yang berkemauan keras, dan mandiri, orang kolerik cenderung keras kepala. Kompromi merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka kecuali kompromi itu bermanfaat bagi tujuan yang mereka miliki.

Mereka mempunyai tujuan untuk segala sesuatu dari kesehatan jasmani sampai tingkah laku anak. Mereka adalah tipe yang suka mengambil alih, yang suka memerintah orang-orang lain di sekeliling mereka, tidak peduli apakah orang itu menyukainya atau tidak. Orang Kolerik tidak pernah mencoba untuk tidak menguasai suatu situasi dan mereka hidup penuh dengan pertentangan. Bagian dari sifat dasar mereka yang belum berkembang adalah emosi mereka. Mendapatkan persetujuan dari mereka hampir merupakan hal yang tidak mungkin. Mencapai tujuan mereka adalah ambisi bagi orang Kolerik, dan beberapa orang Kolerik mendapatkan reputasi mereka dengan memperalat orang lain.

Seseorang yang kolerik adalah seseorang yang dikatakan berorientasi pada pekerjaan dan tugas, dia adalah seseorang yang mempunyai disiplin kerja yang sangat tinggi. Kelebihannya adalah dia bisa melaksanakan tugas dengan setia dan akan bertanggung jawab dengan tugas yang diembannya. Kelemahan orang yang berciri kolerik adalah kurangnya kemampuan untuk bisa merasakan perasaan orang lain (empati), belas kasihannya terhadap penderitaan orang lain juga agak minim, karena perasaannya kurang bermain.

Tipe Melankolik
Tipe yang paling berbakat dari semua tipe adalah tipe Melankolik, sekalipun mereka tipe paling akhir yang menghargai bakat mereka sendiri. Tipe Melankolik mempunyai sifat dasar yang tertutup. Mereka sering mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi dan bersifat estetis yang mendalam sehingga mereka lebih menghargai seni dibandingkan dengan perangai yang lainnya. Tipe Melankolik cenderung suka murung dan mudah putus. Orang Melankolik dilahirkan sebagai orang perfeksionis, sering meremehkan diri mereka sendiri untuk tidak melakukan dengan lebih baik walaupun pada kenyataannya produktivitas mereka lebih daripada kebanyakan perangai lainnya. Mereka adalah orang yang mau mengorbankan diri sendiri, serius, dan takut akan kegagalan. Mempunyai sifat dasar yang teliti, hidup dengan tantangan atau visi untuk menginvestasikan hidup mereka, tetapi jarang dapat menghasilkan sendiri.

Tipe melankolik adalah orang yang terobsesi dengan karya yang paling bagus, yang paling sempurna dan dia memang adalah seseorang yang mengerti estetika keindahan hidup ini. Perasaannya sangat kuat, sangat sensitif maka kita bisa menyimpulkan bahwa cukup banyak seniman yang memang berdarah melankolik. Kelemahan orang melankolik, ia mudah sekali dikuasai oleh perasaan dan cukup sering perasaan yang mendasari hidupnya sehari-hari adalah perasaan murung.

Tipe Plegmatik
Tipe Plegmatik merupakan orang yang tertutup yang sangat diam, tidak menuntut kalem dan lambat. Mereka jarang mengeluarkan ide-ide atau perasaan jika mereka tidak yakin mereka tidak akan melukai atau menyakiti orang lain. Orang plegmatik merupakan orang yang sangat baik dengan sifat yang bahagia dan menyenangkan. Banyak dari mereka mempunyai daya humor, dilahirkan dengan bakat diplomat dan pembawa damai.
Tipe plegmatik adalah orang yang cenderung tenang, dari luar cenderung tidak beremosi, tidak menampakkan perasaan sedih atau senang. Naik turun emosinya itu tidak nampak dengan jelas. Orang ini memang cenderung bisa menguasai dirinya dengan cukup baik, ia intorspektif sekali, memikirkan ke dalam, bisa melihat, menatap dan memikirkan masalah-masalah yang terjadi di sekitarnya. Kelemahannya adalah ia cenderung mau ambil mudahnya, tidak mau susah, sehingga suka mengambil jalan pintas yang paling mudah dan gampang.
Termasuk tipe yang manakah anda?

Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "Jenis Karakter Manusia"

  1. http://meyrahmiarisda.mywapblog.com/jenis-karakter-manusia-2.xhtml

    BalasHapus
  2. hmmm, tp kadang2 ane bisa jd ke 4 type itu, tergantung mood aja klo ane . :mrgreen:

    BalasHapus
  3. Kira2 saya tipe yang mana ya?

    BalasHapus
  4. @my name is Mirza,
    iya sih, kadang karakter kita memang bisa lebih dari satu tipe itu. Tergantung kita aja yang bisa merasakannya.

    BalasHapus
  5. @Nurfaizin,
    kita tentu bisa menentukan kita termasuk tipe yang mana gan.

    BalasHapus
  6. keknya saya pleghitam..

    BalasHapus
  7. @andiAndi,
    kok pleghitam sih hehehe

    BalasHapus
  8. apakah saya termasuk melankolik ya hhh...
    gak tau ah ngikut apa kata admin aja.

    BalasHapus
  9. @SegerYellow24,
    oh ya,,,, kalo gitu saya pengen ngasih tau, kalo agan benar2 tipe melankolik alias melankolis itu berarti agan orang yang berjiwa seni, perasaannya agak sensitif dan penuh kasih sayang. Fiiiezzzz hehehe

    BalasHapus
  10. saya telusuri blognya banyak artikel kesehatanya ya

    BalasHapus
  11. .alloh u alaam sob klo soal itu mah saya...

    BalasHapus
  12. @zhesa JG,
    iya bener, tapi selain itu banyak juga kategori lainnya.

    BalasHapus
  13. @ARENA MUSIK METAL,
    iya sob. Wallaahu A'lam.

    BalasHapus
  14. Saya rasa saya melankolis , perpectsionis , banyak berpikir,tapi nol tindakan , punya bnyk ide , :D malas belajar tapi nilai akademis alhamdulilah bagus

    BalasHapus
  15. @zetsful,
    oh ya, alhamdulillah syukur aja kalo kita kurang belajar tapi nilai bagus, hehehe

    BalasHapus
  16. Jadi bingung juga nih, termasuk tipe yg mana ya?

    BalasHapus
  17. Saya perhatikan tipe2nya ada pada saya wkwkwkwk,,, jadi saya menempatkan pada posisi yang mana, karena tidak ada yang dominan, oklah yang penting bisa menjadi inspirasi ambil sisi positifnya saja, nice ukty cantik thanks manymany

    BalasHapus
  18. Kalo saya tipe Sanguin, muehehe:D

    BalasHapus
  19. Download DP BBM Apk Pro Gratis20 Februari 2016 pukul 16.29

    Ane type no 1...

    BalasHapus
  20. @ARea,
    hehehe, gak perlu bingung sob.

    BalasHapus
  21. @Ukhty Nur Maya,
    terkadang seorang manusia itu memang punya banyak karakter. Bukan gak mungkin seseorang itu bisa lebih dari satu tipe karakter. Jadi bisa aja kan kesemuanya dimiliki, oke sama-sama Bu Maya.

    BalasHapus
  22. @ʚRaihan Maulanaʚ,
    hehehe... Pasti rame terus tu temenan sama orang tipe sanguin.

    BalasHapus
  23. @Download DP BBM Apk Pro Gratis,
    tipe no satu kan tipe sanguin. Oh sama dong ama temen yang satunya tadi, hehehe

    BalasHapus
  24. Sepertinya saya tipe yg kolerik

    BalasHapus
  25. Kunjungan week end sob...
    Keren sob bermanfaat infonya.. :D

    Kalau Berkenan Mampir ke blog ane.. :P
    Ditunggu kedatanganye..

    BalasHapus
  26. dari kesemua tipe diatas ada kelemahan masing-masing..
    dengan menyadari daripada kelemahan yang ada...semoga senantiasa dalam kesadaran bersandar pada Sang Maha Kuasa

    BalasHapus